Zenfone 4 Selfie, Smartphone Selfie Terbaik di Kelasnya

Zenfone 4 Selfie, Smartphone Selfie Terbaik di Kelasnya

Hingga kini tren selfie atau dalam kamus bahasa Indonesia disebut swafoto masih terus berkembang. Maka tak heran, beberapa produsen telepon pintar terus menelurkan smartphone yang mendukung penggunanya dengan kamera yang kian berkualitas.

Tak terkecuali ASUS, produsen smartphone terkemuka di dunia asal Taiwan ini bahkan menelurkan 2 lini smartphone sekaligus yakni ASUS ZenFone 4 Selfie dan ASUS ZenFone 4 Selfie Pro.

Mengusung tagline ‘We Love Selfie & Wifie, ASUS menggelar peluncurannya ASUS ZenFone 4 Selfie dan ASUS ZenFone 4 Selfie Pro di Hotel Pullman, Jakarta pada 25 November 2017 lalu.

Alhamdulillah, saya mendapat kesempatan menyaksikan secara langsung peluncuran ASUS ZenFone 4 Selfie bersama-sama keluarga besar Blogger ASUS (BLUS) yang datang dari hampir segala penjuru Indonesia.

Dan Alhamdulillah, sekali lagi saya panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena ASUS memberikan kesempatan untuk kencan singkat dengan ZenFone 4 Selfie ZD553KL.

Pertama-tama saya ingin memberikan gambaran singkat atau spesifikasi yang disematkan kepada ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553KL :

Berikut spesifikasi teknis ASUS ZenFone 4 Selfie:

ModelZenFone 4 Selfie Pro (ZD553KL)
Display, Resolution5.5-inch IPS display, 400nits brightness, Front 2.5D curved glass display, 1.65mm slim bezel, Bluelight filter for eye care, capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports glove touch)
SoC ProcessorCPUQualcomm Snapdragon 430 Mobile Platform with 64-bit Octa-core 1,4GHz Processor
GPUQualcomm Adreno 505
MemoryRAM / StorageLPDDR3 4GB / eMCP 64GB, microSD card up to 2TB, 100GB Google Drive free for 1 year
Camera SystemFront

Camera 1 (main)

Resolution: 20MP

Sensor: Omnivision 20880 / 1.0μm pixel

Aperture: f/2.0

Focal length / field of view: 31mm/69°

Front

Camera 2 (wide-angle)

Resolution: 8MP

Sensor: Omnivision 8856 / 1.12μm pixel size

Aperture: f/2.4

Focal length / field of view: 12mm/120°

Rear cameraResolution: 16MP

Sensor: Omnivision 16880 / 1.0μm pixel size

Aperture: f/2.2

Focal length / field of view: 12mm/80°

Camera featurePixelMaster 4.0 camera mode:
Auto mode with HDR Pro features / Pro mode / Beauty mode / Portrait / Super Resolution / Panorama / GIF Animation / Time Lapse / Slow MotionSelfieMaster: Photo beautification / Video beautification / BeautyLive / Collage / Slideshow
WirelessWLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, Wi-Fi direct
SensorFront fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
SIM card and SD slotTriple Slots: Dual SIM + MicroSD card

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time.

Slot 3: Supports up to 2TB MicroSD card

NetworkGSM Band 2, 3, 5, 8, WCDMA Bands 1, 5, 8, FDD-LTE Band 1, 3, 5, 7, 8, 20, TD-LTE Band 40. LTE Cat4: UL/DL 50/150Mbps, DC-HSPA+: UL/DL 5.76/42Mbps
GPSGPS, AGPS, GLO, BDS
OSAndroid Nougat 7.1.1 with new ASUS ZenUI 4.0
BatteryNon-removable 3.000mAh capacity
Audio / Microphone5-magnet speaker for louder sound and less distortion, Audio CODEC integrated into PMIC, Dual internal mic with ASUS Noise Reduction Technology, FM radio
Size / Weight155.66 x 75.9 x 7.85mm / 144 gram
ColorDeepsea Black, Rose Pink, Sunlight Gold
PriceRp 3.499.000

 

ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553KL merupakan generasi penerus dari ZenFone Selfie yang dirilis di akhir tahun 2015 lalu. Untuk produk ini, Jerry Shen, Chief Executive Officer ASUS mengatakan, ZenFone 4 Selfie ditujukan bagi pengguna yang lebih casual. Pengguna seperti ini membutuhkan smartphone selfie dengan kemampuan swafoto yang bagus, performa yang baik, namun di harga yang masih masuk akal.

Pertama, saya ingin menguraikan apa saja yang ada di dalam box ZenFone 4 Selfie ZD553KL

Kepala charger, kabel USB micro, earphone, SIM tray ejector, soft jelly case, buku panduan dan kartu garansi

Kepala charger, kabel USB micro, earphone, SIM tray ejector, soft jelly case, buku panduan dan kartu garansi

Berbeda dari paket penjualan sebelumnya, pada Zenfone 4 Selfie kali ini, ASUS sudah berbaik hati dengan melengkapi paket penjualan standar seperti kepala charger, kabel USB micro, SIM tray ejector, buku panduan, kartu garansi dengan soft jelly case dan earphone.

Desain Body

Seperti produk ASUS lainnya, ASUS terkenal jago membuat desain. Wajar bila kerap diganjar penghargaan dari dunia internasional. Tak terkecuali pada ZenFone 4 Selfie ZD553KL ini, ASUS membuatnya langsing dengan bezel tipis namun elegan berukuran 155.66 x 75.9 x 7.85mm  dengan berat hanya 144 gram saja.

Saat digenggam, Zenfone 4 Selfie memberikan kesan yang nyaman terlebih lagi ASUS sudah melengkapinya dengan soft jelly case sehingga terhindar dari kesan licin bila berada digenggaman. Berbeda dengan pendahulunya, sensor sidik jari kini sudah berpindah ke depan bersama tombol Home.

Desain ZenFone 4 Selfie ZD553KL tipis dan elegan

Desain ZenFone 4 Selfie ZD553KL tipis dan elegan

 

(KI-KA) MIC, Micro USB Port dan Speaker

(KI-KA) MIC, Micro USB Port dan Speaker

 

3.5 headphone jack dan mic

3.5 headphone jack dan mic

Kamera depan

Kamera depan

Sensor sidik jari sekaligus tombol home

Sensor sidik jari sekaligus tombol home

Zenfone 4 Selfie menggunakan triple slot SIM tray. Triple slot ini dapat memasang dua kartu SIM dan sekaligus slot MicroSD

Zenfone 4 Selfie menggunakan triple slot SIM tray. Triple slot ini dapat memasang dua kartu SIM dan sekaligus slot MicroSD

ASUS ZenFone 4 Selfie menggunakan triple slot SIM tray yang terletak di bagian kiri. Fitur triple slot ini memungkinkan pengguna memasang dua kartu SIM dan sekaligus slot MicroSD di dalamnya, tanpa harus mengorbankan salah satu di antaranya seperti layaknya slot berjenis hybrid. Kedua slot kartu SIM juga mendukung konektivitas 4G LTE sehingga pengguna tidak perlu melepas pasang dan memindahkan posisi SIM card.

Untuk pengguna yang banyak melakukan aktivitas pengambilan foto, baik swafoto ataupun kamera belakang, ASUS menyadiakan slot MicroSD yang dapat menopang kartu MicroSD hingga kapasitas sangat besar, hingga 2TB.

Dual Selfie Camera System

ASUS merupakan produsen pertama di dunia yang menghadirkan seluruh lini produk terbarunya dengan dual camera system untuk kamera depan dan kamera belakang, baik mulai dari varian mid-high, sampai varian flaghship-nya. ZenFone 4 Selfie, yang merupakan salah satu varian mainstream yang disediakan, pun memiliki sistem dual camera. Tentunya di bagian depan, yakni selfie camera.

Dengan ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553KL, pengguna bisa menikmati pengalaman mengambil foto-foto selfie dengan resolusi tinggi, hingga 20MP. Fitur dual selfie camera-nya memungkinkan kita mengambil lebih banyak orang, pemandangan, dan mengaplikasikan efek beautification. Hadirnya aplikasi SelfieMaster membuat pengguna bisa mendapatkan hasil terbaik saat mengambil foto, video, ataupun melakukan live streaming.

Hasil Fitur Selfie Master

Hasil Fitur Selfie Master

Pengambilan lebih banyak objek atau pemandangan dimungkinkan karena tersedianya sebuah kamera resolusi 8MP wide-angle 120 derajat. Beralih antar kamera, yakni saat ingin mendapatkan foto selfie resolusi tinggi atau ingin melakukan wefie lebih leluasa dengan kamera wide, dapat dilakukan dengan sangat mudah, hanya dengan menekan satu tombol di layar.

Android Nougat 7.1.1 dan ZenUI 4.0

ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553KL hadir dengan sistem operasi Android Nougat 7.1.1 yang dilengkapi dengan antarmuka ZenUI 4.0. Dibanding sebelumnya, ZenUI 4.0 kini sudah semakin ringan, ringkas dan responsif. Dari 35 buah aplikasi yang terinstalasikan pada ZenUI versi terdahulu, kini hanya tersedia sekitar 19 aplikasi yang dinilai benar-benar esensial dan penting bagi pengguna.

Bahkan beberapa optimalisasi juga sudah diterapkan. Menjalankan aplikasi, kini lebih cepat. Loading aplikasi juga lebih singkat dibandingkan dengan ZenUI sebelumnya. Tak hanya itu, antarmuka ZenUI 4.0 ini juga tampak lebih segar dengan desain dan icon-icon terbaru.

Softlight LED Flash dan Portrait Mode

ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553KL hadir dengan sebuah LED flash untuk menopang kamera depan. Bukan hanya sekadar LED flash biasa, tetapi teknologi Softlight LED flash yang digunakan akan memancarkan cahaya dengan intensitas yang cukup pada objek. Saat digunakan untuk melakukan foto selfie, Softlight LED flash akan membuat tekstur kulit pengguna tampak lebih halus dan hasil foto akan memberikan skin tone yang pas.

Saat ini, Portrait mode sedang populer, termasuk di Indonesia. Pada ZenFone 4 Selfie, ASUS juga menyediakan fitur tersebut. Dengan Portrait mode, efek depth-of-field semakin terasa karena background bisa tampak lebih blur dan membuat subjek menjadi titik fokus dalam hasil fotonya. Dengan kata lain, pengguna bisa membuat foto selfie yang tampak dahsyat, bagaikan difoto oleh seorang fotografer profesional.

Kamera Belakang 16MP dengan RealTone Flash

Melengkapi dua front-facing selfie camera, ASUS ZenFone 4 Selfie juga diperkuat oleh sebuah kamera belakang yang sangat baik. Kamera belakang tersebut memiliki resolusi 16 megapixel yang memiliki sudut pandang cukup luas, hingga 80o. Dengan sistem Phase Detection AutoFocus (PDAF), kamera dapat menemukan fokus dengan sangat cepat, hanya dalam 0,03 detik.

Tak hanya itu, kamera belakang ini juga dilengkapi oleh kemampuan penstabil video secara elektronik saat merekam dalam resolusi Full HD (1920 x 1080). Kamera juga bisa memberikan hasil foto sempurna pada kondisi low light dengan adanya sebuah LED RealTone Flash yang memberikan pencahayaan dengan intensitas yang pas.

Kamera belakang menggunakan Selfie Master

Kamera belakang menggunakan Selfie Master

Untuk semakin memudahkan pengguna, kali ini ASUS juga menyiapkan program cicilan 0% tanpa kartu kredit dengan menggandeng layanan Home Credit Indonesia. Calon pengguna yang ingin memiliki ZenFone 4 Selfie Pro ataupun ZenFone 4 Selfie dapat mencicil selama 6 bulan dengan bunga 0%. Tidak perlu memiliki kartu kredit, syaratnya mereka hanya cukup membayar down payment sebesar 20% dari harga produk yang bersangkutan.

Bersama dengan hadirnya ZenFone 4 Selfie, ASUS juga memperkenalkan duet Brand Ambassador barunya yakni Gong Yoo dan Tatjana Saphira. Keduanya, aktor kenamaan asal Korea Selatan dan aktris muda jelita Indonesia yang sedang naik daun, dinilai sebagai pasangan yang sepadan dan pas untuk merepresentasikan ZenFone 4 Selfie series.

Harga Ringan Dikantong

Dengan desain dan spesifikasi yang sangat mumpuni ini, ASUS tak mematok harga selangit buat salah satu produk andalannya untuk berswafoto ini. ASUS ZenFone 4 Selfie hanya dibanderol Rp 3.499.000. Bagi yang berminat, ASUS ZenFone 4 selfie sudah tersedia di toko-toko di seluruh Tanah Air. Dengan pilihan warna Deepsea Black, Rose Pink, Sunlight Gold. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya di ASUS Official Store di Lazada 

 


Komentar
Sebelumnya Wow! ASUS ZenFone 4 Selfie Pro, Smartphone Selfie 24 Mega Pixel
Berikutnya Agung Toyota Ajak Pelanggan Nonton MotoGP di Sepang Malaysia

Tentang penulis

Penilaian Editor

Camera
4/5
Design
4/5
Processor
4.5/5
Audio
4/5

4.1

Bagus
4.1

Berita Terkait

Bilik ASUS

Menangkan 721 Penghargaan Internasional, Asus Zenfone Brand Smartphone Paling Diakui

Asus ZenFone series sudah melalangbuana sejak pertengahan 2014 silam. Dari awal kemunculannya, Asus ZenFone langsung menyita perhatian masyarakat dunia terlebih lagi telah memenangkan 721 penghargaan internasional. Raihan ini tentu membuat

Teknologi

ASUS E402WA, Laptop Andal Untuk Generasi Milenial

Laptop ringkas, ringan dengan penampilan trendi masih punya banyak sekali peminatnya. Apalagi kalau dikemas dalam desain yang kekinian dan performanya cukup memuaskan. Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari para

Bilik ASUS

Jajaran ASUS ZenFone 5 Diperkenalkan di MWC 2018

ASUS secara resmi memperkenalkan jajaran smartphone terbaru yakni, ASUS ZenFone 5Z, ZenFone 5 dan ZenFone 5 Lite di Italian Pavilion bersamaan gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018, di Barcelona, Spanyol