Capella Honda Bekali Komunitas Sepeda Motor Ilmu Safety Riding

Capella Honda Bekali Komunitas Sepeda Motor Ilmu Safety Riding

Sosialisasi ilmu keselamatan berkendara rutin dilaksanakan oleh main dealer Honda wilayah Riau PT Capella Dinamik Nusantara (CDN). Bahkan kegiatan yang bermanfaat untuk menekan angka kecelakaan dan menuntun hidup tertib berlalu lintas ini sudah menyasar keberbagai kalangan.

Tidak terkecuali komunitas sepeda motor Honda yang tersebar hampir di seluruh wilayah Riau, selalu mendapat perhatian dari Capella Honda. Seperti baru-baru ini, pada tanggal 5 Maret 2017 lalu Capella Honda mengadakan safety riding training untuk komunitas.

Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yaitu Karim Auditorium Jalan Soekarno Hatta No 88 untuk sesi teori dan lapangan di RSDC (Riau Safety Drive Center) Pekanbaru untuk sesi praktek.

Dalam sambutannya sebagai pembuka acara, Sie Ceng selaku Regional Head PT Capella Dinamik Nusantara-Riau mengatakan, kegiatan safety riding training untuk komunitas ini menjadi ajang pra kompetisi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anggota komunitas sepeda motor Honda memahami tentang ilmu safety riding.

“Karena nanti dibulan depan atau tepatnya tanggal 2 April, mereka akan menghadapi kompetisi safety riding sesungguhnya,” ujar Sie Ceng.

Tak lupa, dalam kesempatan tersebut, Sie Ceng juga mengingatkan bahwa banyak agenda club beberapa bulan ke depan. Diantaranya, Bikers Camp pada tanggal 11-12 Maret, Workshop Digital pada 26 Maret, Safety Riding Competition pada tanggal 2 April dan Honda Modif Contest pada 8-9 April 2017.

Kegiatan selanjutnya, tim safety riding mengadakan pre-test yang disambung dengan sosialisasi oleh Arif Rahman selaku Instruktur Safety Riding Honda Riau. Materinya menyangkut banyak hal, mulai dari pemanasan sebelum berkendara, pengecekan kendaraan, safety gear dan postur berkendara. Setelah kegiatan sosialisasi Safety Riding dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan ISOMA (Istirahat sholat makan) sebelum dilanjutkan dengan kegiatan praktek lapangan di RSDC Rumbai.

Usai sesi teori, para bikers berkumpul mengadakan rolling city menuju RSDC Rumbai. Di RSDC para bikers mengikuti praktek safety riding berupa breaking, narrow plank dan slalom cross.

Dari beberapa uji coba, peserta dari komunitas masih mengalami kendala diantaranya dari segi pengereman. Ini dibuktikan dengan banyaknya member komunitas yang melakukan pengereman hanya dengan 2 jari saja.

“Pengereman yang baik menggunakan empat jari, karena apabila kita mengerem dengan dua jari pegangan stang tidak akan kokoh dan gas tidak akan tertutup rapat, selain itu gunakan pengereman ganda atau kombinasi, tekan rem depan terlebih dahulu dan di barengi dengan rem belakang sehingga hasilnya akan menjadi lebih maksimal,” tutup Aldi, PIC Community Honda.

Kegiatan Safety Riding Training ini diikuti oleh 54 orang perwakilan bikers yang berasal dari seluruh komunitas Honda yang ada di Pekanbaru, Dumai dan Kerinci seperti, Riau CBR Club (RCC), Komunitas CBR Indonesia (KCI), CBR Owners Indonesia (COC), Tiger Owners Club Pekanbaru (TOCP), Pekanbaru Tiger Club (PETIC), Honda Streetfire Club Indonesia (HSFCI), HSFCI Dumai, HSFCI Perawang, Pekanbaru Riders Streetfire (PERISAI), Vera Rider Community Indonesia (VRCI), Honda Mega Pro Club (HMPC), Honda Sonic Owners Indonesia (HSOI), Honda Vario Club (HVC), Honda BeAT Club Pekanbaru (HBC-Pekanbaru) dan Riau Scoopy Club (RISCOOC).

Komentar
Sebelumnya Sambut Ertiga Diesel Hybrid, Hari Ini Suzuki SBT Mulai Gelar Pameran di Mal Ska
Berikutnya Survey Membuktikan, Toyota Merek Terpopuler Pilihan Masyarakat Indonesia

Tentang penulis

Berita Terkait

Komunitas

Junaidi Nahkodai Toyota Rush Club Indonesia Riau

Komunitas mobil yang tergabung dalam Toyota Rush Club Indonesia (TRCI) Riau pada 30 Oktober 2016 lalu mengadakan MusChapLub Riau 2016 untuk pemilihan ketua baru. Dalam kegiatan yang dirangkai dengan rollling

Komunitas

Komunitas Suzuki Katana Jimny Indonesia Chapter Siak Dikukuhkan

Pengurus Daerah Komunitas Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn Pengda) Riau secara resmi mengukuhkan pengurus SKIn Kabupaten Siak, Ahad (29/1/2017) lalu di Siak Sri Indrapura. Selain pengukuhan, kegiatan yang berlangsung selama

Komunitas

Besok Agung Toyota Bersama Komunitas Sienta Tur ke Siak

Main dealer Agung Toyota bersama komunitas mobil Toyota yang tergabung dalam Sienta Community, besok Sabtu (17/12/2016) menggelar kegiatan Goes to Siak. Mahmud Fauzi, Deputi Regional Manager Wilayah Barat Agung Toyota,